Mr. Alfi Banda

Blog Berita Pendidikan

sdn87Ambon

Kamis, 27 Februari 2020

IGI Maluku menggandeng MPRI RI gelar Semnas Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dan Merdeka Belajar.

mralfibanda.com
Ikatan Guru Indonesia (IGI) Maluku dan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik INdonesia gelar seminar nasional Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dan Merdeka Belajar.
Ikatan Guru Indonesia, (IGI) Maluku, sukses menggelar seminar nasional sosialisasi empat pilar dan merdeka belajar yang diselenggarakan pada, Selasa 18 Pebruari 2020 di kampus PGSD Unpatti Ambon.

Hadir sebagai pembicara adalah anggota badan sosialisasi MPR RI sekaligus anggota DPR RI komisi VII fraksi PKS dapil Maluku, Ibu Saadiah Uluputty, ST. dan Ibu Dra. Hj. Latifhah Sohib sebagai anggota komisi X DPR RI fraksi PKB Dapil Jawa Timur.

Dalam paparannya Saadiah Uluputty menekankan pentingnya pemahaman wawasan empat pilar kebangsaann oleh para guru terutama guru IGI Maluku yang wajib mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan tersebut dalam pembelajaran, yakni Pancasila, Undang-undang Negara Indonesia, dan Bihnneka Tunggal Ika.
Hadirnya asupan tambahan pengetahuan empat pilar kebangsaan dan merdeka belajar ini adalah bentuk kepedulian negara untuk merawat seluruh lapisan masyarakat dengan simpul persatuan dan kesatuan bangsa dan menjaga selalu harmonisasi persatuan di tengah keragaman.

Dalam penyampaian panelis berikutnya oleh pemateri kedua yakni Ibu Lathifah Sohib menekankan bahwa merdeka belajar harusnya tidak pernah terikat dengan zonasi wilayah semata, tetapi lebih jauh pada zonasi anggaran. "Kebijakan anggaran dalam pendidikan tidak harus dilihat secara parsial tetapi, 

Respon kebijakan anggaran secara teknis ketika biaya operasional sekolah (BOS) diberi peluang pada kepala sekolah untuk memaksimalkan sejumlah 50% untuk membayar gaji honorer.

Acara sosialisasi empat pilar kebangsaan ini digelar berkat kerjasama Ikatan Guru Indonesia wilayah Maluku dan Badan Sosialisasi Majelis Permusawaratan rakyat MPR RI dan didukung oleh fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan khususnya program studi pendidikan guru sekolah dasar.

Peserta yang hadir dalam acara ini mayoritas anggota IGI Maluku, para dosen, organisasi profesi guru, perwakilan dinas pendidikan kota Ambon dan tokoh pemuda.

Acara ini dibuka langsung oleh gubernur Maluku yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Ingsun Sangadji.

Dalam sambutan Gubernur Maluku yang yang dibacakan oleh Kadis pendidikan Provinsi Maluku menyambut baik acara sosialisasi 4 pilar ini, karena selain menambah pengetahuan bagi guru juga memupuk nasionalisme kebangsaan yang kuat.

Beliau juga mengapresiasi langkah IGI Maluku yang mengambil inisiatif berkolaborasi dengan MPR RI mengelar acara ini dengan harapan baik bahwa ke depan akan disusun langkah strategis untuk terus meningkatkan mutu profesionalisme para guru dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak terutama IGI, namun langkah-langkah ini masih harus terus didiskusikan dulu secara internal sehingga bisa diatur bagaimana kolaborasi ini bisa maksimal ke depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar